PATAH HATI

Sebaik-baiknya cinta adalah cinta yang disimpan dalam doa, bukan di dalam hati. Karena setidaknya ketika cinta itu pergi, maka ia akan pergi meninggalkan kebaikan, bukan penyakit hati.

Seperti yang dilansir dari Tokopedia, eh maksudnya Wikipedia, Patah hati berarti metafora umum yang digunakan untuk menjelaskan sakit emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintainya, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta.

Dikutip dari Daily Mail, Perawat senior bagian jantung di British Heart Foundation menambahkan, “Kehilangan pasangan merupakan kejadian besar dalam hidup semua orang, namun efeknya akan lebih buruk jika (pasangan) meninggal mendadak atau terlalu cepat.

giphy.com
Bahkan, patah hati bisa membuat seseorang melakukan perbuatan diluar batas wajar dan norma yang ada, dengan melakukan banyak hal nekat. Salah satunya dengan gantung diri seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Seorang wanita bernama Norma Minita asal Potianak ini nekat mengakhiri hidupnya dengan cara bergantung diri di ventilasi pintu kamar rumahnya, dikarenakan tak kuasa menahan diri atas beban hadirnya orang ketiga dalam rumah tangganya.

Patah hati dan rasa sakit sangat dekat dengan para generasi millennial, berikut berbagai opini dan cerita pengalaman langsung dari teman-teman yang sudah berhasil terkumpul,

“Gue ditinggalin orang yang gue sayang, dengan berbagai alasan, mulai dari mau fokus kuliah, besoknya nggak pengen pacaran karena nggak boleh di agama, dan besok alesannya beda lagi. Sampai akhirnya ya emang dia selingkuh aja. Dari situ gue bebenah diri dengan rajin ngelakuin banyak hal, diantaranya bikin konten di sosial media".
          
  “Hukum balasan itu ada. Itu kayak bom waktu, kita nggak tahu kapan itu bakal meledak”. (@Adeqyuw, mahasiswa tingkat akhir yang tiap bimbingan revisi mulu)

“Lebih bisa bedain mana sayang dan mana yang cuma sekedar ambisi. Lebih bisa milih orang yang tepat buat diajak bina hubungan baru setelah patah hati yang lalu. Patah hati yang paling berkesan kalau udah bisa menyelesaikan hubungan bareng. Kita jadi lebih bisa ngehargain diri sendiri, bisa intropeksi juga".

          "Yang tadinya bodoamat jadi mikir. Eh, ini kayaknya salah deh. Kalo ada masalah harusnya dibenerin, bukan dibiarin. Lama-lama jadi penyakit tersendiri buat hubungan”. (Deva, admin blog Bidadarimagang.com, bijak banget kan ya?)
 
giphy.com
“Pernah sekali pacaran lama dua tahun, putus gitu aja dengan alasan katanya gua main dota mulu pas tiga bulan terakhir berhubungan. Karena hal itu membuat gua jadi males cari pacar lagi, yaudah mau gimana lagi gua main dota lagi lah, tapi nggak sempet gua patah hati”. (Sevtian, si anak warnet yang kuat main dota sampe nginep di warnet)

“Gua pernah diputusin karena menurut dia, gua terlalu over protect, cerewet, kepo dan kalau lagi marah susah baiknya, ditambah lagi katanya gua kalau ngomong suka nyakitin hatinya”.
          
           “Ada bagusnya juga dia mutusin gua, karena dengan gitu gua jadi lebih jaga sikap dan jaga ucapan biar orang nggak tersinggung sama sikap gua, terlebih ucapan. Kalau dia nggak mutusin gua waktu itu, mungkin sifat jelek yang dia bilang ke gue itu masih nempel sampai sekarang. Semuanya ada hikmahnya sih”. (Nay Dinar, yang katanya mendingan disebut cewek gatel daripada disebut cewek gampangan). 

“Pacar pertama gue beda agama, orangtuanya nggak tahu. Tapi tiba-tiba orangtuanya kayak ngejodohin dia gitu sama orang yang lebih mapan dan seagama. Dia selingkuh sama pilihan orangtuanya, sampai akhirnya gue tahu hal itu sendiri dan dia mutusin gue. Pokoknya nggak mau pacaran lagi sama yang beda agama, ribet”. (Nandar, penikmat puisi dan kuota malam)

“Awalnya temen biasa yang ketemu di grup chat, pas pertama kali ketemu langsung nyambung ngobrolnya dan jadi sering main bareng. Dijemput terus, diajak main terus, ya gimana nggak baper coba? Tau sih, saat itu dia punya pacar, tapi emang saat itu juga dia lagi masa nggak nyaman sama pacarnya. Ya, gimana? Berusaha nahan, tapi tak mampu. Impactnya setelah itu masih tetep temenan, deket aja kayak abang kali. Seenggaknya adalah manfaat dikit”. (Chai, anak sma yang hobinya les mulu di Ganesha)

giphy.com

“Saat gua udah sayang-sayangnya, dia seenaknya aja ninggalin gua demi cowok lain. Cowoknya itu mapan jauh diatas gua, cowoknya punya mobil. Gua masih sederhana banget pake motor dan nggak bisa jajanin dia yang mewah-mewah. Gua ngerasa sampah banget karena mau aja dimainin sama cewek busuk kayak gitu. Tapi berkat dia, gua jadi lebih fokus diet dan banyakin temen sampai akhirnya bisa punya mobil lebih bagus dari cowoknya itu. Mampus!”. (Hadi, yang kuliahnya di kantin kampus)

“Gue kenal dia pas baru masuk kuliah. Pedekate cepet banget dan akhirnya mutusin buat nembak biar nggak dipepet yang lain. Pacaran sebulan lebih dua minggu, dia mulai berubah. Saat itu gue ngekos bareng sama temen-temen kampus gue, otomatis dia sering bolak balik ke kosan. Di kosan gue itu, ada salah satu temen smpnya dia dan mereka semakin dekat. Nggak pernah nethink sama sekali, nggak tahunya setelah selidik punya selidik, dia udah jadian sama temen kosan gue yang notabene temen deketnya pas smp”.
          
      “Gue langsung mikir nggak ada gunanya juga berantem karena cewek, mending ngalah. Mungkin emang ceweknya aja yang murahan. Semenjak saat itu gue lebih baik ngebahagian diri sendiri, keinginan mau punya pacar lagi sih ada, cuma ditahan. Lebih baik sendiri aja dan setahun lebih gue bisa kok bahagia sama diri gue sendiri”. (Ule, anak pang yang tahan banting bosqu)

“Gua udah pdkt sama orang yang gua suka selama empat tahun, gua sama dia emang nggak pacaran. Tapi gue berani kenalin ke temen gua, mereka kenalan, deket dan akhirnya jadian. DAMN! Pengaruhnya besar banget, gua jadi males hadir kalau lagi ada kumpul anak kelasan”. (Gilang, ngakunya pendengar radio trax, tapi dp linenya malah foto di radio prambors)
 
giphy.com
dan yang terakhir sedikit bijak…..

“Semua patah hati ya sedih, delapan tahun pacaran dan putus karena terlalu sibuk menjadi apa yang orang cintai. Delapan tahun susah buat milah sayang apa enggak sama objek dan waktunya. Sia-sia banget, selama ini abis waktu, tenaga dan materi. Yang bikin sakit adalah ketika lagi bahagia, terus mikir, “Coba dia ada disini” nah itu yang bikin sakit hati”.

      “Mau jatuh cinta di tempat yang tepat. Sekalipun nggak ada yang nangkep, asal tempatnya tepat. Jatuh ke orang yang tepat aja nggak cukup, dia belum tentu kuat atau bisa nangkep yang jatuh. Pinter-pinter milih tempat aja. Aku punya pacar banyak, kaset radio binyl, aduh bahagia”. (Ibong, selebtwat tapi katanya anti selebtwat)

Cara paling sederhana menyembuhkan luka patah hati adalah dengan jatuh cinta lagi.

Seperti puisi yang pernah ditulis oleh Zarry Hendrik,

Untuk Kita Yang Percaya Bahwa Cinta Adalah Ada

Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada, bahwa memaafkan tidak seberat memikul dendam. Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada, bahwa kita juga percaya bahwa ada rasa saling menghormati kepercayaan di dalam cinta. Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada, senyum dalam derita adalah kekuatan yang menguatkan. Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada dan untuk Tuhan yang membuat cinta menjadi ada, mari kita bersulang di dalam doa! Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada, terkadang kita menyalahgunakan keberadaannya. Untuk kita yang percaya bahwa cinta adalah ada sedari awal kita memulai, kita hanya perlu saling meyakinkannya di tiap hari.

giphy.com
Patah hati nggak selamanya sedih kok, buktinya The Rain ft Endank Soekamti bisa membuat maha karya berupa lagu berjudul Terlatih Patah Hati... 

Terima kasih kalian barisan para mantan
Dan semua yang pergi
Tanpa sempat aku miliki
Tak satupun yang aku sesali
Hanya membuatku semakin terlatih

You Might Also Like

25 komentar

  1. wahhh pacaran udah taun taunan, aku baru setaun bulan kemaren, tapi keknya belom deh patah hatinya, mana ini beda agama lagi, wadu.. uda setaun.. uda sayang :D , uda cocok, tapi...... agama, keknya bakal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT YA MENGHADAPI BENTENG YANG BEGITU KUAT!!!

      Delete
  2. Patah hati itu ketika suka sama orang bertahin-tahun, tapi cuma diem, giliaran dia punya pacar dan gobta ganti pacar . . Itu baru ngerasain pataj jati hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. i..iiiiya :(( sedih ya kalo jadi cewek, cuma bisa nyimpen nggak bisa langsung bilang dengan alasan "takut dia ngejauh kalo kita jujur" :((

      Delete
  3. Beuh gifnya Zoey Deschanel semua. NTAP!

    Ya, cara menyembuhkan patah hati adalah jatuh cinta lagi. Agar hati bisa recovery sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoksss kembaran gue kan hahaha. Iya, percaya gak sih itu ada kode terselip di sana?

      Delete
  4. Untung saya gak pernah patah hati :D

    ReplyDelete
  5. Patah Hati.. gue baru ngerasain nih yang namanya bener - bener patah hati. Awalnya mah ngerasa positif - positif aja. lama - lama berasa lohh sakitnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya patah hati ya sakit, tapi gimana elonya aja nyembuhin dengan ngelakuin berbagai hal positif. seneng2 sama temen mungkin bisa membantu~

      Delete
  6. Toh kita patah hati karena kita benar-benar mencintai kan?
    Kita patah hati karena sebelumnya pernah memercayai seutuhnya.

    ReplyDelete
  7. wah. zoey deschanel semua. ntap.
    patah hati bagian dari pembelajaran yang ena~
    jatuh cinta kan ena. patah hati juga ena

    ReplyDelete
  8. Abis baca ini lalu tetiba inget udah setahun lebih milih sendiri karena capek patah hati mulu. Kayaknya makin dewasa kita, makin selektif sama urusan cinta2an begini, ujung2nya males cari pacar. :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih memilih untuk jadi pemilih karena takut jatuh ke lubang yang sama ya....

      Delete
  9. Beuh gifnya Zoey Deschanel semua. NTAP! (2)

    Wah. Zoey Deschanel semua. Ntap. (2)

    Kisah patah hatinya yang anak kos itu nyesek menurut aku. Btw ini Deya nulis soal patah hati sampe ngumpulin banyak narasumber gini, karena Deya lagi patah hati kah? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sedih temen gue yang itu hahaha :(( iya sebenernya ini curhat tau hahahaha:((

      Delete
  10. ngomongin patah hati.... mmmmmmm

    beberapa bulan yang lalu, aku ngerasain patah hati yang paling kampret. bukan, bukan karena saking sakitnya. justru patah hati yang paling absurd yang pernah aku alamin. haha

    dan nggak tau ini kebetulan atau gimana, setelah itu, aku ngerasain kayak yang namanya mati rasa.
    aku udah coba buat jatuh cinta lagi, tapi rasanya setiap perkataan yang aku keluarin ata kata-kata yang aku denger dari dia, nggak pernah bisa nyampe lagi ke hati.

    aku ngerasa ada yang salah sama diri aku, setelah kejadian itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat banget ya :( tapi kamu pasti bisa ngelaluin hal itu kok. Semangat ya!!!

      Delete
  11. baca ini... lalu aku merasa sangat bocah kalau berurusan dengan cinta dan patah hati... curhatan (atau tulisan ini) hawanya dewasa banget, hahah. keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerenan patah hati uni yang waktu itu dishare di blognya pangeran wortel sih hahahahaha

      Delete
  12. gue nggak percaya si deva bisa ngomong bijak kayak gitu.


    baca''in tulisan elu, hasil dari pertanyaan lu ke orang'' ini jdi bikin sadar sih. kayaknya emang harus lebih banyak memperbaiki diri ketika patah hati. klo menurut si zayn hendrik obatnya adalah jatuh cinta lagi, tapi gue lebih setuju ke si hadi itu. yang usaha diet kemudian beli mobil yang lebih kece. dia ngomong 'mampus!' kayaknya dari dalem hati banget ya. gue bisa ngerasain malah. hahah

    ReplyDelete
  13. It's really a great and useful piece of information. I'm glad that you just shared this helpful information with us.
    Please stay us informed like this. Thanks for sharing. :)

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    ReplyDelete