A QUIET PLACE: SSSST! IF THEY HEAR YOU, THEY HUNT YOU!




"If they hear you, they hunt you".

Film horror atau thriller biasanya identik dengan suara teriakan, ketakutan, dan juga dialog yang menegangkan, namun berbeda dengan Film A Quiet Place garapan John Krasinski ini. Film ini tidak hanya menegangkan tapi juga memberikan tantangan tersendiri bagi para penontonnya. Film ini berkisah tentang sepasang suami istri (Krasinski dan Blunt) yang tinggal bersama dua orang anaknya di sebuah tempat terpencil. Keluarga ini harus tinggal di dalam kesunyian abadi, karena bila mereka membuat suara sedikitpun, entitas misterius yang memburu mereka akan langsung meneror tanpa henti.


Tak hanya komunikasi, untuk makan pun, keluarga ini tidak menggunakan piring keramik atau plastik, tapi menggunakan daun untuk meminimalisasi suara. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari, mereka tidak memakai sepatu atau alas kaki untuk beraktivitas dan harus melangkah dengan hati-hati agar tidak menginjak benda yang bisa menimbulkan suara. Hampir 90% komunikasi di film ini menggunakan bahasa isyarat.


Film ini semakin menarik dengan drama keluarga di dalamnya. Tak hanya menampilkan ketakutan pemainnya terhadap suara, film ini juga menyajikan ikatan kuat keluarga dalam menghadapi masalah yang mengintai kehidupan mereka. Berkat penampilan dan penulisan cerita yang menarik, meskipun kadang kita tidak mengerti dengan jelas masalah emosional yang mereka hadapi sebagai keluarga, kita akan tetap dibuat penasaran kepada keluarga ini demi melihat apa yang mereka lakukan selanjutnya, bagaimana mereka berjuang untuk tetap ‘membisu’ dan melanjutkan hidup di tengah teror tak terucap monster-monster yang siap membunuh tanpa ampun. Film horror nggak lengkap tanpa adanya jump scare, pada film ini tensi kamu akan dibikin naik turun dan juga merasa frustasi dengan jalan ceritanya yang begitu menengangkan.


Film A Quiet Place ini memang agak memancing penontonnya untuk mempertanyakan hal-hal yang membingungkan. Dimodali gimmick mematikan yang sempurna, konsep dari film ini terasa sangat efektif. Film ini memberikan konsep tentang bagaimana cara bertahan hidup tanpa suara. Suara apapun dan sedikit pun yang berujung kematian. Penonton akan dibuat larut dalam setiap situasinya, karena secara tidak sadar penonton akan ikut menahan nafas ataupun suara supaya sosok monster itu tidak menghampiri keluarga tersebut. Walau tidak banyak dialog, pembangunan karakternya cukup kuat dan penonton dibuat bersimpati terhadap para tokohnya. 


Tekanan mental, ketakutan dan keputusasaan maupun harapan dan cinta kasih antar keluarga terangkai jelas dalam Film A Quiet Place. Ide cerita film ini harus diacungi jempol, sebuah karya jenius yang membuat bulu kuduk merinding sekaligus memacu adrenalin tanpa harus menggunakan banyak suara. Sebagai aktor, John Krasinksi berhasil memerankan sosok ayah yang sangat menyayangi keluarga dan rela melakukan apapun untuk melindungi mereka. Sang istri (Emily Blunt) tampil memukau sebagai seorang ibu yang berjuang setengah mati.


Film ini juga didukung oleh dua aktor anak-anak yang ciamik, mereka adalah Millicent Simmonds dan Noah Jupe. Mereka berhasil membangun chemistry sebagai kakak-adik, Millicent merupakan aktris tunarungu yang bermain dalam film Wonderstruck (2017), sementara Noah bermain di film Wonder (2017).


Film A Quiet Place ini berhasilkan menampilkan skill storytelling yang sangat baik mengingat hampir tidak ada dialog di dalamnya. Film horror yang sangat inovatif, mencekam, menegangkan, frustasi, dan menimbulkan perasaan tidak nyaman karena penonton terlalu larut dengan gimmick tanpa suara yang berhasil dibangun oleh para karakternya.


FYI. A Quiet Place ini bisa menjadi tontonan back-to-back saat menonton Film Don’t Breathe (2016). 

Source images:
allmovie.com
themuse.jezebel.com
kino.dk
mymbuzz.com

You Might Also Like

6 komentar

  1. nunggu di youtube , filmnya . hehehhe

    ReplyDelete
  2. Nice banget Dey!

    ReplyDelete
  3. anjir, ini beneran enggak ada dialognya, dey?
    bakalan senam jantung nih klo nonton film ini.
    trailernya aja udah bikin kaget.

    ReplyDelete
  4. Trading online Terpercaya Berbasis di Indonesia
    Broker Terpercaya di Indonesia
    Transaksi mudah dan aman
    Minimal Deposit hanya Rp. 50.000,- sudah dapat BONUS Depo awal 10%** T&C Applied
    Dapatkan juga BONUS Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover

    Proses penarikannya Cepat banget lohhh.....
    Deposit & Penarikan paling Cepat dengan metode yang sama via Bank lokal
    Ada Akun pembelajaran untuk kamu yang ingin berlatih

    Segera Daftarkan diri anda sekarang juga di https://www.hashtagoption.com/

    ReplyDelete